Membuat objek lingkaran dan persegi java grafis dengan netbeans
Percobaan 1
Membuat project dengan nama praktek17, kemudian menambahkan java class dengan nama praktek18, dengan cara klik kanan pada project praktek17 lalu New à Java Class
Setelah itu menambahkan jFrameForm dengan nama jframegambar
pada jframegambar.java klik tombol source
diatas baris perintah public class jframegambar extends javax.swing.JFrame {
kemudian ketikkan perintah
Di bawah blok kode public jframegambar( ) mengetikkan kode
perintah sebagai berikut
Keterangan
kode program :
public void paint (Graphics gambarkan){
à Method paint dengan nilai variabel gambarkan yang mewakili komponen Graphics.
public void paint (Graphics gambarkan){
à Method paint dengan nilai variabel gambarkan yang mewakili komponen Graphics.
gambarkan.setColor(Color.red);
gambarkan.drawLine(20, 100, 100, 100);
gambarkan.drawRect(300, 100, 100, 100);
gambarkan.drawOval(600, 100, 100, 100);
à Memberi warna pada variabel gambarkan kemudian menampilkan objek garis, segi
empat dan lingkaran.
gambarkan.fillRect(300, 300, 100, 100);
gambarkan.fillOval(600, 300, 100, 100);
}
à Menampilkan objek lingkaran dan segi empat yang berisi warna.
mengetikkann kode perintah berikut ini di bawah akhir blok perintah public praktek18( )
Keterangan
kode program :
public static void main (String [] a ) {
à Method main.
public static void main (String [] a ) {
à Method main.
jframegambar frame = new jframegambar();
à Mendeklarasi variabel frame sebagai nama baru dari class JFrame Gambar.
à Mendeklarasi variabel frame sebagai nama baru dari class JFrame Gambar.
frame.setBounds (30, 30,800, 600);
frame.setVisible(true);
à Mengatur posisi dan dimensi dari JFrame Gambar, kemudian menampilkannya.
frame.setVisible(true);
à Mengatur posisi dan dimensi dari JFrame Gambar, kemudian menampilkannya.
}
à Akhir blok kode Method main.
à Akhir blok kode Method main.
Untuk
menjalankan program “RUN” atau “Shift + F6
Maka :