Membuat objek lingkaran dan persegi java grafis dengan netbeans

Unknown 07.23

Membuat objek lingkaran dan persegi java grafis dengan netbeans


Percobaan 1
Membuat project dengan nama praktek17, kemudian menambahkan java class dengan nama praktek18, dengan cara klik kanan pada project praktek17 lalu New
à Java Class




Setelah itu menambahkan jFrameForm dengan nama jframegambar
pada jframegambar.java klik tombol source
diatas baris perintah public class jframegambar extends javax.swing.JFrame {
kemudian ketikkan perintah






Di bawah blok kode public jframegambar( ) mengetikkan kode
 perintah sebagai berikut





Keterangan kode program :
public void paint (Graphics gambarkan){
à Method paint dengan nilai variabel gambarkan yang mewakili komponen Graphics.

gambarkan.setColor(Color.red);
gambarkan.drawLine(20, 100, 100, 100);
gambarkan.drawRect(300, 100, 100, 100);
gambarkan.drawOval(600, 100, 100, 100);
à Memberi warna pada variabel gambarkan kemudian menampilkan objek garis, segi
     empat dan lingkaran.

gambarkan.fillRect(300, 300, 100, 100);
gambarkan.fillOval(600, 300, 100, 100);
}
à Menampilkan objek lingkaran dan segi empat yang berisi warna.



Setelah itu pada jendela preview untuk menampilkan jendela kode praktek18
mengetikkann kode perintah berikut ini di bawah akhir blok perintah public praktek18( )










Keterangan kode program :
public static void main (String [] a ) {
à Method main.
jframegambar frame = new jframegambar();
à Mendeklarasi variabel frame sebagai nama baru dari class JFrame Gambar.
frame.setBounds (30, 30,800, 600);
 frame.setVisible(true);
à Mengatur posisi dan dimensi dari JFrame Gambar, kemudian menampilkannya.
      }
à Akhir blok kode Method main.

Untuk menjalankan program “RUN” atau “Shift + F6
Maka :


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »